Dunia internet – Jadi, kamu sudah berapa kali menjadi saksi pergantian teknologi? Terutama untuk teknologi sistem penyimpanan seperti Google Drive. Mungkin sebagian besar dari pembaca masih merasakan menjadi saksi judi poker online ketika kita menggunakan floppy disk sebagai media penyimpanan. Dengan kapasitas yang hanya beberapa kilobyte saja ketika itu. Kemudian era berganti dan kita tiba-tiba saja sudah menyambut compact disc yang besarnya sudah beberapa ratus MB. Satu dekade lalu kita mulai berkenalan dengan flashdisk dengan kapasitas yang semakin besar dan semakin besar. Hingga akhirnya kita bersentuhan dengan hard disk.

Namun perkembangan sistem penyimpanan belum berakhir, dimana untuk saat ini kita berhadapan dengan penyimpanan online. Salah satunya, sistem penyimpanan cloud Google Drive. Nah bila kamu masih belum menggunakan Google Drive, ini 5 alasan mengapa kamu harus.

1. Buatan Google

Apa hebatnya dari Google Drive ini buatan Google? Kehebatannya, sinkronisasi yang lebih baik dan lebih banyak dengan banyak fitur dan software, serta aplikasi lain dari Google. Katakan saja dengan gmail, dengan Google Document, dengan Google Music, Google Photo, hingga dengan Google+ yang bisa langsung membackup foto yang kamu unggah ke dalam drive.

Keunggulan lain dari penggunaan buatan Google ini adalah luasnya kemungkinan untuk pengembangan. Tak asing lagi bukan dengan obsesi dari Google mengenai perkembangan sistem operasi dan semua fitur serta aplikasinya? Jadi jangan heran bila nanti di masa depan Google Drive akan menjadi jauh lebih canggih dari saat ini.

2. Akses dimana saja

Kali ini, kamu tak akan “terikat” pada floppy disc, compact disc, hard drive, atau bahkan flashdisk. Kamu bisa mengakses semua file Google Drive dari mana saja dan kapan saja. Entah itu tengah berada di tengah-tengah meeting, di kelas, di taksi menuju tempat acara penting, dimana saja. Ide memikliki akses pada file dimana saja dan kapan saja ini diakui oleh Google menjadi salah satu “alasan” mengapa mereka membuat Google Drive. Dan pastinya kita sangat bersyukur untuk itu, bukan begitu?

3. Multiplatform

Kita harus akui, Windows sudah pernah membuat sistem penyimpanan digital sebelumnya, One Drive. Yang kurang sukses karena hanya bisa digunakan di laptop Windows dan diakses pada mobile phone dengan sistem operasi Windows pula. Menggunakan perangkat lain? Say good bye pada file kamu. Begitupun dengan Apple, yang memiliki iCloud Drive mereka sendiri. Yang pastinya hanya bisa diakses oleh pengguna Apple saja.

Google Drive membongkar hal ini dengan memberikan akses pada semua pengguna. Tanpa membedakan sistem operasi, platform, hingga jenis gadget yang mereka gunakan. Google Drive memang bisa diakses lewat laptop dengan website, melalui aplikasi, melalui smartphone, hingga dengan menggunakan tablet. Tak ada batasan sama sekali untuk pengguna. Google, menciptakan dunita tanpa batas.

4. Gratis 15 GB

Kapastas 15 GB memang tak banyak. Harus diakui. Terlebih bila kamu memiliki banyak sekali file yang ingin kamu simpan. Atau malah ingin menggunakan Google Drive sebagai media penyimpanan back up utama untuk file-file penting kamu. Namun 15 GB yang diberikan merupakan gratis sepenuhnya.

Dan bila ingin, kamu pun masih bisa memperbesar kapasitas penyimpanan ini menjadi beberapa ratus giga byte lagi. Dengan harga yang… jangan khawatir, pastinya sih jauh lebih murah ketimbang membeli harddisk dengan kapasitas yang sama. Namun sepertinya, 15 GB saja cukup banyak untuk file-file standart bukan?

5. Offline mode

Ketika mendengar kita berbicara panjang lebar mengenai sistem penyimpanan online Google Drive ini, yang terpikir oleh kamu mungkin bagaimana bila kamu membutuhkan untuk mengakses file ketika tak memiliki koneksi internet. Bila begini yang terjadi, maka jangan khawatir karena Google pun sudah menyiapkan solusi tersendiri. Solusinya, memberikan pilihan offline mode.

Jadi intinya pada offline mode ini, kamu bisa menyimpan, mengakses, mengubah, menghapus, dan melakuakn semua hal dengan file kamu tanpa perlu terhubung dengan internet. Hanya saja, pastikan mode offline ini sudah diaktifkan lebih dulu ketika kamu masih memilii koneksi internet ya.

Jadi sudah yakin berpindah pada Google Drive?